Tentang Kami

button-twitter.png button-facebook.png

Pusat Pengembangan Masyarakat dan Wilayah

Kepala Pusat  : Dr. Ida Busnetty, MM.
Telepon           : (62-21) 5671750
e-mail              : -

 
 
Universitas Trisakti sebagai kampus Reformasi mempunyai tanggung jawab moral  dalam melaksanakaan Tridharma Perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengajaran. Salah satu Darmanya adalah pengabdian kepada masyarakat, melalui Lembaga Pengabdiaan Masyarakat (LPM) , salah satu bidang yang dikembangkan adalah Pengembangan Wilayah (Bangwil). Tujuan pengembangan wilayah adalah untuk memacu perkembangan sosial, ekonomi dan budaya,mengurangi kesenjangan wilayah  dari berbagai aspek dan menjaga kelestarian lingkungan hidup dalam suatu wilayah tertentu baik yang berada di desa maupun di kota,
 
Dalam mengembangkan suatu wilayah, ada 2 faktor yang menyebabkan wilayah tersebut bisa berkembang,yaitu  faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari potensi wilayah yang berupa Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia(SDM) dan Sumber Daya Buatan (SDB). Setiap wilayah mempunyai karakteristik, potensi  dan kendala yang berbeda. Bangwil akan mengidentifikasi potensi yang dimiliki wilayah untuk dioptimalkan pemanfaatannya. Faktor Eksternal dari perkembangan wilayah adalah globalisasi ekonomi, bagaimana suatu wilayah dapat mengikuti dan berbenah diri dalam mengantisipasi perkembangan ekonomi global melalui kerjasama ekonomi antar regional dan antar negara, faktor eksternal ini membutuhkan ruang dan prasarana wilayah untuk dapat memanfaatkan lahan yang terbatas agar dapat berkembang dengan baik.
 
Bagaimana masyarakat disiapkan dan diedukasi dalam menghadapi Globalisai ekonomi, sehingga produk-produk yang dihasilkan oleh masyarakat terutama UMKM mempunyai daya saing, daya jual dan daya dobrak di pasar Global. Trisakti memiliki 9 Fakultas dengan berbagai macam disiplin ilmu,  akan memacu  dan mendampingi masyarakat untuk mengembangkan portensi Sumber Daya Alam, Sumberdaya manusia  dan sumberdaya buatan melalui ilmu pengetauan dan  teknologi, dan menjadikan kampus sebagai agen perubahan dalam suatu wilayah dan diharapkan dapat  mengembangan wilayah menjadi lebih optimal dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik secara materi, sosial, budaya maupun ilmu pengetahuan.
Penerimaan Mahasiswa Baru Trisakti