Tentang Kami

button-twitter.png button-facebook.png

Pusat Kuliah Usaha Mandiri dan Teknologi Terapan

 
Kepala Pusat : Ir. Wawan Kurniawan, M.T., IPM
Telepon          : 08129105646
e-mail             : wawan.kurniawan@trisaktiti.ac.id

 
Mata Kuliah Kuliah Usaha Mandiri-Ilmu Teknologi Terapan (KUM-ITT) atau di perguruan Tinggi lainnya dinamakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu konsep Kampus Merdeka yang digagas oleh  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Mata kuliah KUM-ITT sendiri yang dahulu bernama Kuliah Kerja Nyata-Kuliah Kerja Usaha (KKN-KKU) merupakan suatu kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Mahasiswa secara multi disiplin dan lintas sektoral dan termasuk kegiatan perkuliahan intrakurikuler dalam bentuk mata kuliah pilihan berdasarkan  Surat Keputusan Rektor Universitas Trisakti No.016/USAKTI/SKR/II/1994 tertanggal 12 Februari 1994.

Bertitik tolak dari pengertian tersebut, maka mahasiswa peserta KUM-ITT dalam melaksanakan tugasnya harus tinggal di lokasi dan bekerja selama jangka waktu tertentu. Untuk itu para mahasiswa disiapkan terlebih dahulu dalam berbagai bidang keterampilan sehingga disamping keahliannya dalam program studi masing-masing, mereka mendapatkan kemampuan dan pengalaman yang berharga untuk turut serta memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat pedesaan.
KUM-ITT mengandung 5 (lima) aspek bernilai fundamental dan berwawasan filosofis yang tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya, yaitu :
  1. Keterpaduan Tridarma Perguruan Tinggi
  2. Pendekatan interdisiplin dan komprehensif
  3. Lintas sektoral
  4. Dimensi yang luas dan kepragmatisan
  5. Keterlibatan masyarakat secara aktif
Bagian KUM-ITT juga selain mengelola KUM-ITT sendiri, juga mengelola tanggap bencana yang melibatkan mahasiswa.  Keikutsertaan mahasiswa dalam tanggap bencana ini akan disetarakan dengan SKS Matakuliah KUM-ITT
Penerimaan Mahasiswa Baru Trisakti