Berita Trisakti

button-twitter.png button-facebook.png
Sosialisasi pelaksanaan KUM-ITT 2021

Sosialisasi Kuliah Usaha Mandiri-Ilmu Teknologi Terapan (KUM-ITT) 2021 dengan Metode Hybrid Learning


Pada tanggal 25 Januari 2021 diadakan Sosialisasi Kuliah Usaha Mandiri-Ilmu Teknologi Terapan (KUM-ITT) 2021  melalui aplikasi Zoom. Kegiatan KUM-IT 2021 disosialisasikan kepada para Wakil Dekan 1 dan 3 lingkup Universitas Trisakti. Acara sosialisasi ini didahului dengan laporan Direktur Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Dr. Ir. Muhammad Burhannudinnur, M.Sc. IPM tentang pelaksanaan KUM-ITT 2020 dan rencana pelaksanaan KUM-ITT 2021 yang akan dilakukan dengan Metode Hybrid Learning.

Dalam laporannya Direktur LPM menjelaskan juga pelaksanaan KUM ITT 2020 tahun lalu, yang dilaksanakan secara daring.  Hasil dari KUM-ITT 2020 adalah 12 kelompok KUM-ITT yang telah menciptakan 12 Startup Bisnis dan 12 HKI.  Dimana para mahasiswa menciptakan  produk berupa Apps dan produk 3D printing yang dapat memberikan sebagian solusi dari begitu banyaknya permasalahan  dalam masyarakat yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 pada saat ini.

 

Selanjutnya acara sosialisasi KUM-ITT 2021 ini diresmikan oleh Wakil Rektor 1 Prof. Ir. Asri Nugrahanti, M.S., Ph.D., IPU.  Pada acara persemian ini juga diberikan pengarahan-pengarahan oleh beliau sebagai landasan dalam pelaksanaan KUM-ITT 2021 agar dapat berjalan dengan baik dan lancar. Penjelasan sosialisasi KUM-ITT 2021 dengan Metode Hybrid Learning dipaparkan oleh Ir.Wawan Kurniawan,MT,IPM selaku Kepala Pusat KUM-ITT. 

Pelaksanaan KUM-ITT 2021 akan dilaksanakan menggunakan  metode daring dan luring mengambil tema:  “KUM-ITT Tematik : Pemberdayaan Wirausaha Desa”. KUM-ITT 2021 dilaksankan dengan memperhatikan Protokol Kesehatan yang ketat.  Sebelum pelaksanaan KUM-ITT dilaksankan didahului dengan melakukan survei awal. Hasil survei adalah Bupati Pandeglang, Bappeda dan Kepada Desa (6 Desa) bersedia daerahnya untuk dijadikan tempat pelaksanakan KUM-ITT.  Daerah pelaksanaan dilakukan di dua kecamatan di Pandeglang, Kecamatan Jiput dan Kecamatan Pulosari. Terdapat 3 desa dalam masing-masing kecamatan untuk pelaksanaan KUM-ITT 2021:

  • Kecamatan Pulosari (Desa Banjarnegara, Desa Tenjolahang, Desa Cilentung)
  • Kecamatan  Jiput (Desa Cikulan, Desa Sukamanah, Desa Salapraya)

Adapun luaran dari KUM-ITT 2021:

  1. Website potensi masing-masing desa
  2. Terbentuknya Start-up bisnis masing-masing Desa minimal 1 Start-up (kegiatan Utama)
  3. Perolehan HKI oleh masing-masing Start-up Bisnis
  4. Ide untuk Program Kreatifitas Mahasiswa
  5. Keberlanjutan: PKM Dosen dan Start-up Bisnis Lanjutan.

Acara sosialiasi ini juga dihadiri oleh Dr. Rahmat Santoso (Asisten Warek 3), para Kapus LPM dan juga Tendik LPM. Semoga pelaksanaan KUM-ITT 2021 dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 


http://lemdimas.trisakti.ac.id/XUPLOAD_PATHnews/44dee2f648e2519743606c26e5bec0b4.jpg&p[summary]=">     

Pelatihan Dasar Penyusunan Proposal PkM Hibah Ristekdikti-BRIN

Rabu, 20 Mei 2020
Penerimaan Mahasiswa Baru Trisakti