News

button-twitter.png button-facebook.png
user.png

Oleh:
Lemdimas

Minggu, 1 Desember 2019 07: 7

Dilihat: 36 kali

Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja Bersama Fakultas Kedokteran Univesitas Trisakti


Pada Tanggal 30 November 2019 lalu, Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti melaksanakan Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja di RPTRA (Ruang Publik Terbuka Ramah Anak) Kelurahan Krendang Jakarta Barat. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Multi 2.1 yang diketuai oleh Dr. dr. Lily Marliany Surjadi, Sp.OG bersama dengan Dr. dr. Lily Marliany Surjadi, Sp.OG  dan juga Mahasiswanya Anastasia Bellatrix (03016010).

 

Pelaksanaan penyuluhan ini diawali dengan pengisian kuisioner untuk mengetahui pengetahuan dasar yang dimiliki oleh masyarakat khususnya remaja puteri, dengan tujuan agar saat penyuluhan dapat lebih ditekankan pada masalah yang belum diketahui peserta.

Setelah pengisian kuisioner dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai tentang pentingnya menjaga kebersihan organ reproduksi, serta mengenali tanda-tanda adanya keputihan yang tidak normal, sehingga masyarakat akan lebih waspada dan segera untuk memeriksakan diri ke Klinik Kesehatan. Pada penyuluhan kali ini disampaikan juga mengenai bahaya hubungan seks bebas di luar nikah serta permasalahan yang 

terjadi pada kehamilan yang tidak diinginkan dan mengenai akan pentingnya memenuhi kebutuhan gizi pada remaja putri untuk mempersiapkan diri memasuki masa kehamilan di kemudian hari.

Sesi terakhir yaitu sesi diskusi, peserta penyuluhan yang mayoritas remaja putri ini sangat antusias mengajukan pertanyaan pada sesi terakhir ini. Tim PKM  pun sangat bersemangat menjawab setiap pertanyaan dengan memberikan contoh-contoh masalah sesederhana mungkin dan sesui dengan permasalahan yang dihadapi peserta secara gamblang dan jelas.

Pada kesempatan diskusi ini juga ditekankan akan pentingnya merencanakan keluarga, sehingga menghasilkan keluarga yang sehat secara kesehatan dan juga ekonomi.

Pada kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa pengetahuan masyarakat tentang Kesehatan Reproduksi khususnya dikalangan remaja masih sangat rendah, perlu adanya penyuluhan yang sejenis yang rutin untuk dilaksanakan kembali.


Tentang Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat

Lembaga Pengabdian kepada masyarakat berperan sebagai koordianator dalam pengelolaan kepada masysrakat meliputi perencanaan, pengendalian, dan evaluasi, baik program monodisiplin maupun multidisiplin.

Hubungi Kami



Website: www.trisakti.ac.id