News

button-twitter.png button-facebook.png
user.png

Oleh:
Lemdimas

Senin, 25 November 2019 08: 8

Dilihat: 13 kali

Pelatihan Penyusunan RAB Berbasis Swadaya di Kelurahan Krendang Jakarta Barat


Dalam Rangkaian kegiatan PKM Multi 2.1 Tahun Akademik 2019/2020 , Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, melaksanakan kegiatan PKM dengan judul “Pendampingan Tahapan Pembangunan dan Pembuatan RAB yang berbasis Swadaya Masyarakat pada  RW 02 Kelurahan Krendang KecamatanTambora Jakarta Barat” kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 November 2019 di RW.02 Kelurahan Krendang, Jakarta Barat yang diketuai oleh Ir. Khotijah Lahji, M.T., dan beranggotakan Ir. Jimmy Siswanto Yuwono dan Ir. Rita Walaretina, M Ars.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan RAB  yang berbasis swadaya masyarakat dengan tujuan utamanya yaitu Efisiensi Biaya Operasional. Dalam kegiatan ini Tim PKM beserta warga sepakat untuk menggunakan Studi Kasus penyusunan RAB Pembangunan Balai Warga RW.02 yang diharapkan peserta pelatihan dapat secara mudah memahi materi pelatihan dalam menyusun RAB ini, karena menggunakan Studi Kasus yang real dan nyata.Dalam pelatihan ini disampaikan tatacara bagaimana proses analisa terhadap harga satuan barang yang akan digunakan, pemilihan material (barang baru atau bekas) pemberian upah kerja (apakah dikerjakan secara gotong royong langsung atau pembayaran tenaga kerja yang dibayarkan secara iuran dari setiap warga). Peserta pelatihan pun sangat antusias dalam kegiatan ini, dan diharapkan kegiatan ini rutin diadakan dengan studi kasus yang beragam hingga para peserta mampu secara mandiri menyusun RAB berbasis swadaya ini.


Tentang Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat

Lembaga Pengabdian kepada masyarakat berperan sebagai koordianator dalam pengelolaan kepada masysrakat meliputi perencanaan, pengendalian, dan evaluasi, baik program monodisiplin maupun multidisiplin.

Hubungi Kami



Website: www.trisakti.ac.id